Tata Cara Sholat Jenazah Sesuai Sunnah

Sebagai seorang muslim, apalagi laki-laki wajib memahami tatacara sholat jenazah. Adapun hukum sholat jenazah yaitu fardhu kifayah. Artinya, sholat ini wajib dikerjakan, tetapi jika sudah ada umat muslim lain yang mengerjakannya, maka kewajiban umat muslim lainnya gugur. Untuk mengetahui cara sholat jenazah paling lengkap simak artikelnya sampai tuntas.

Cara Melakukan Sholat Jenazah 

Tatacara sholat jenazah berbeda dengan sholat wajib atau sunah. Dalam sholat ini tidak ada rukuk, sujud, i’tidal, tidak didahului adzan seperti pada sholat wajib, dan bacaan doa jenazah laki-laki dan perempuan juga berbeda. Berikut ini adalah panduan lengkapnya:

Membaca Niat dan Al-fatihah di Takbir Pertama

Untuk mengawali sholat jenazah, Anda harus membaca niat terlebih dulu. Niat untuk menyolatkan jenazah laki-laki dan perempuan berbeda. 

Niat Sholat Jenazah Laki-laki

“Ushali’alla haadzal mayiti arba’a tabkbiratin fardha kifayatin mamuuman/imaman lillahi ta’aala”.

Artinya : Saya berniat sholat atas mayat ini fardhu kifayah sebagai makmum karena Allah ta’ala.

Niat Sholat Jenazah Perempuan

“Ushali’alaa haadzihil mayyitatai arba’a takbitatin fardha kifayatin mamuman/ imaman lilaahi ta’ala”.

Artinya: Saya berniat sholat atas mayat ini fardhu kifayah sebagai makmum karena Allah ta’ala.

Setelah membaca niat, lanjutkan dengan takbiratul ihram yaitu tangan diletakkan di atas pusar sebagaimana gerakan biasa pada sholat fardhu atau sunat. Lanjutkan dengan membaca surat al fatihah.

Membaca Sholawat Nabi di Takbir Kedua

Setelah takbir dan membaca surat al fatihah pada takbir pertama, selanjutnya membaca bacaan sholawat nabi.

“Allahuma shali ‘alla sayidina Muhammad wa ‘alaa aali sayidina Muhammad kamaa shallaita ‘alaa sayidina Ibrahim wa ‘alla ali sayidina ibrahim, wa baarik ‘alaa sayidina Muhammad wa ‘alla ali sayidina Muhammad, kama barotakta ‘alaa sayidina Ibraahim wa’alaali sayidina Ibrahim, fil’aalamina innaka hamidun majid”.

Artinya: Ya Allah, berikanlah rahmat Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluargaNya. Sesungguhnya hanya Allahlah yang maha terpuji dan maha mulia. Ya Allah, berikanlah keberkahan nabi Muhammad dan keluargaNya sebagaimana Engkau memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluargaNya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.

Membaca Doa Untuk Jenazah di Takbir Ketiga

Takbir ke tiga dalam sholat jenazah berbeda bacaan untuk jenazah laki-laki dan perempuan.

Bacaan Doa Untuk Jenazah Laki-laki

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wawasi’ mudkholahu waghsihu bil maa’ wats tsaliji wal barod. Wa naqihi minal khothoyaa kama naqoitat tsaubal abyadho minad danas. Wa adilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa zaujan khoiron min zaujihi wa adkhihul janata wa a’idzhu min adzabin qobri au min adzabin  naar”.

Artinya : Ya Allah, ampunilah dan berilah rahmat. Bebaskanlah dan maafkanlah dia. Luaskanlah kuburannya dan mandikanlah dia dengan air. Sucikanlah dari seluruh kesalahan seperti kain putih ini dari kotoran. Berikanlah dia rumah yang lebih baik dari rumahnya di dunia, keluarga lebih baik dari keluarganya di dunia, dan pasangan lebih baik dari pasangannya di dunia. Masukkanlah dia ke dalam surga dan lindungilah dia dari cobaan kubur dan azab api neraka.

Bacaan Doa Untuk Jenazah Perempuan

“Allohummaghfirlaha warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anha wa akrim nuzulahaa wawassi’ mudkholaha waghsilhaa bil maa’ i wats tsalji wal barod. Wa naqihan minal khothooya kama naqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhaa daron khoiron min daariha wa ahlan khoiron min ahlilaa wa zaujan khoiron min zaujoha wa adkhilhal janata wa a’odzhaa min ‘adzaabin qobri anu min ‘adzaabin naar”.

Selain menggunakan doa jenazah untuk laki-laki dan perempuan di atas, Anda juga bisa membaca doa yang lebih singkat.

Doa pendek untuk jenazah laki-laki : “Allohummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu ‘anhu”. Artinya: Ya Allah, ampunkanlah dan berikanlah rahmat kepada dia. Bebaskan dan maafkanlah dia.

Doa pendek untuk jenazah perempuan : “Allohummaghfirlaha warhamha wa ‘aafiha wa’fu ‘anhaa”

Membaca Doa Untuk Orang yang Jenazah Tinggalkan di Takbir Keempat

Pada takbir keempat harus membaca doa untuk jenazah dan orang-orang yang dia tinggalkan. Bacaan doa antara laki-laki dan perempuan pada takbir keempat berbeda.

Bacaan Doa Untuk Jenazah Laki-laki

“Allaahumma laa tahrimna ajrahu wa laa taftinna ba’ dahu waghfir lana wa lahu”.

Artinya: Ya Allah, jangan haramkan pahalanya dan juga jangan memberikan cobaan sepeninggalannya. Berikanlah kami ampunan dan berilah dia ampunan.

Bacaan Doa Untuk Jenazah Perempuan

“Allohumma laa tahrimna ajroha wa laa ba’ dahaa waghfirlana walahaa”.

Membaca Salam 

Terakhir yaitu mengucapkan salam ke kanan dan kiri seperti yang sudah biasa kita lakukan pada sholat fardhu.  

Ucapan Salam 

“Assalaamu ‘alaikum wa wahmatullahi wa baraakatuh”.

Artinya: Semoga keselamatan dan rahmat Allah dan juga berkahNya selalu terlimpah kepada kita.

Itulah tatacara sholat jenazah yang wajib Anda ketahui. Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui keutamaan sholat jenazah bagi umat muslim. 

Keutamaan Sholat Jenazah

Terdapat empat kewajiban umat muslim kepada jenazah. Diantarnya yaitu memandikan, mengkafani, mensholati, dan menguburnya. Dengan bersegera merawat jenazah sampai menguburkannya merupakan suatu kebaikan. Nah, berikut ini adalah keutamaan sholat jenazah bagi yang melakukannya:

Mendapatkan Pahala yang Besar

Ketika kita melakukan sholat jenazah, maka seseorang tersebut bisa mendapatkan pahala atau sebesar satu qirath yang artinya setara dengan Gunung Uhud.

Apabila Anda sampai mengiringi dan mengantarkan jenazah sampai ke pemakaman, maka pahalanya sebesar dua qirath.

Keutamaan ini telah Rasullah jelaskan dalam hadist riwayat Imam Muslim. Rasululla bersabda, “Barangsiapa yang mensholatkan jenazah dan tidak mengiringinya sampai ke pemakaman, maka dia akan mendapatkan pahala sebesar satu qirath. Namun, jika dia juga mengiringi jenazah sampai ke pemakaman, maka dia memperoleh pahala dua qirath”. Lalu, para sahabat bertanya kepada Rasulullah, “Apa itu qirath?”. Rasulullah menjelaskan, “ misalnya yang terkecil yaitu Gunung Uhud”.

Memberikan Kemudahan untuk Jenazah

Keutamaan sholat jenazah yang kita lakukan juga tidak hanya memberikan kebagian bagi yang melaksanakannya, tapi juga bagi setiap mayitnya. Mayit juga akan mendapatkan kemudahan.

Apabila mayit disholatkan minimal oleh 40 – 100 orang yang beriman kepada Allah, atau minimal tiga shaf sholat maka Allah akan memberikan manfaat mereka untuknya.

Keutamaan ini telah Rasulullah riwayatkan dalam hadist Imam Muslim, Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang muslim yang meninggal dunia dan disholatkan oleh minimal 40 orang yang tidak berbuat syirik kepada Allah, maka Allah akan memperkenankan syafa’at untuknya”.

Selain itu, Rasulullah juga bersabda yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan Imam At Trimidzi, “Tidaklah seorang muslim yang mati dan disholatkan oleh tiga shaf kaum muslimin maka doa mereka akan terkabul”.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai tatacara sholat jenazah dan keutamaannya, semoga dengan informasi ini, Anda bisa mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel