Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya Sesuai Sunnah

Sebagai seorang muslim, ulama’ menganjurkan untuk mebaca doa setelah adzan. Apa maksud dari doa tersebut? Maksudnya adalah sebuah bacaan doa yang perlu Anda baca ketika mendengar adzan berkumandang. Hukum dari membaca doa ini sendiri yaitu sunnah. Hal ini berarti amalan membaca doa tersebut tidaklah wajib, namun bagi orang yang melakukannya akan mendapatkan pahala. 

Jika seorang muslim membiasakan diri melakukan amalan sunnah tersebut, sungguh ia akan mendapatkan pahala atas perbuatannya. Dengan demikian, membaca doa sesudah adzan berkumandang dapat menambah amal pahala kelak di yaumil kiyamah, insyaAllah. Lantas, bagaimana isi bacaan doa tersebut? Mari simak penjelasannya berikut ini. 

Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya

Adzan adalah sebuah pertanda bahwa waktu shalat telah tiba. Berkumandangnya adzan juga sebagai panggilan bagi umat islam untuk segera melaksanakan ibadah shalat. Seorang muslim juga diperintahkan untuk berhenti sejenak dalam melakukan segala aktifitas ketika adzan berkumandang. Selain itu, seorang muslim juga disunnahkan untuk menjawab adzan dan mengucapkan doa setelah adzan. 

Seorang muslim dapat menjawab lafadz adzan dengan  kalimat yang sama. Namun, ada pula beberapa yang harus dijawab dengan kalimat yang berbeda dengan lafadz adzan. Jawaban yang memiliki perbedaan dengan lafadz adzan yaitu seperti lafadz “hayya ‘ala shalah” dan '”hayya ‘alal falah” yang harus dijawab dengan kalimat “la hawla wala quwwata illa billah”. 

Selanjutnya, amalan lainnya setelah berkumandangnya adzan yaitu membaca doa sesudah adzan, termasuk bagi muadzin. Lantas, bagaimana bacaan doa sesudah adzan tersebut? Ini dia bacaan doa setelah adzan dan artinya. 

"Allaahumma robba haadzihid da'watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati sayyidana muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, 'aaliyatar rofii'ah, wab'atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa'adtah, innaka laa tukhliful mii'aadz."

Artinya: "Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan shalat yang ditegakkan ini, berikanlah dengan limpah karunia-Mu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan (paling tinggi) dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan." (HR Muslim, Ibnu Majah dan Abu Daud).

Nah, itulah bacaan doa setelah mendengar adzan dan juga artinya. Selain doa tersebut, terdapat pula doa khusus setelah adzan subuh. Bagaimana lafadz doa tersebut? Ini dia penjelasannya. 

Bacaan Doa Setelah Adzan Subuh

Pada waktu subuh, terdapat bacaan doa khusus yang para ulama anjurkan. Doa ini khusus dibaca setelah adzan subuh dikumandangkan. Tentu terdapat makna dan keutamaan di balik doa setelah adzan subuh ini. 

Di antara keutamannya yaitu sebagai doa untuk memohon ampunan ke Allah SWT. di waktu subuh. Meminta pengampunan di waktu subuh ini dianjurkan oleh ulama karena merupakan awal hari sebelum manusia melakukan aktifitas dan “dosa”. 

Mengapa ulama menyarankan agar memohon ampunan kepada Allah SWT. di waktu subuh? Hal ini karena pada waktu subuh Allah sedang menyebarkan rahmat-Nya ke seluruh isi bumi. Oleh karena itu, waktu subuh adalah waktu yang tepat untuk meminta ampunya kepada-Nya. Lantas, bagaimana bacaan doa setelah adzan di waktu subuh? Ini dia bacaannya beserta artinya. 

"Allahumma hadza iqbaalu nahaarika wa idbaaru lailika wa ashwaatu du'aaika faghfir lii."

Artinya: "Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku."

Itulah penjelasan mengenai doa setelah mendengar adzan subuh. Sesuai namanya, doa ini hanya perlu Anda baca ketika mendengar adzan subuh saja. Setelah mengetahui lafadz doa tersebut, Anda juga perlu mengetahui tata cara dalam membaca doa setelah mendengar adzan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Tata Cara Membaca Doa Setelah Adzan

Dalam mengucapkan doa setelah mendengar adzan, ada beberapa tata cara mengucapkannya. Pertama, para ulama’ menganjurkan orang selain muadzin untuk mengucapkan doa setelah adzan dengan suara pelan. Mengapa demikian? Hal ini karena membaca doa tersebut adalah sebuah amalan pribadi tiap-tiap orang. Oleh karena itu, sebaiknya bacaan doa ini Anda baca pelan dan lirih.

Hal ini juga berlaku bagi Muadzin. Seorang Muadzin seharus membaca doa ini dengan suara pelan dan lirih setelah adzan berkumandang. Namun, terkadang doa ini terdengar keras karena posisi muadzin yang berada dekat dengan pengeras suara. 

Anjuran ini memiliki makna dan maksud tertentu di baliknya. Maksud dari anjuran ini ialah agar doa yang dibaca tidak terdengar seperti bagian dari lantunan adzan. Maka dari itu, seharusnya doa ini Anda baca dengan suara pelan dan lirih. Hal ini juga telah disampaikan dalam fatwa ulama’ Mufti Saudi, seorang ketua dewan ulama senior di Arab Saudi. 

Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan

Amalan membaca doa setelah ada adzan yang berkumandang hukumnya memang sunnah. Namun, jika seorang muslim mengamalkannya, maka ia akan mendapat pahala dan keutamaan-keutamaan dari bacaan doa tersebut. Apa sajakah keutamaan-keutamaan yang ada dalam bacaan doa tersebut? Ini dia penjelasan lengkapnya. 

1. Mendapat syafaat di hari kiamat

Salah satu keistimewaan dari bacaan doa setelah adzan berkumandang ini ialah mendapatkan syafaat di hari kiamat. Hal ini berdasarkan dengan hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim yang menjelaskan bahwa barangsiapa yang membaca doa tersebut, maka kelak akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW. atas izin Allah SWT. di hari kiamat kelak. 

2. Doa diijbah dan dikabulkan

Segala doa pada dasarnya adalah sebuah perantara seorang hamba untuk meminta sesuatu kepada Sang Khaliq, termasuk doa setelah mendengar adzan ini. Oleh karena itu, semua doa memiliki keistimewaan yaitu membuat permohonan diijbah oleh Allah SWT. Namun, seorang hamba harus bersung-sungguh dan berserah diri kepada Allah SWT. ketika membaca doa tersebut agar permohanan terkabul. 

3. Menjadi saksi kebaikan pada hari kiamat

Keistimewaan lainnya dari membaca doa setelah adzan yaitu doa tersebut akan menjadi saksi kebaikan di hari kiamat kelak. Hal ini berdasarkan dengan hadits riwayat Bukhari no. 609. Maka dari itu, mulailah membiasakan diri untuk mengerjakan amalan sunnah ini. 

4. Mendapat 10 kali shalawat

Keutamaan lainnya yaitu mendapatkan sholawat sebanyak 10 kali. Hal ini sesuai dengan riwayat hadits Muslim no. 384 yang menjelaskan bahwa barangsiapa yang mendengar muadzin lalu menjawab adzannya, dan membaca shalawat kepada Rasulullah SAW. maka niscaya Allah SWT. akan memberikan shalawat baginya sebanyak 10 kali. 

Doa Setelah Wudhu’

Selain amalan sunnah membaca doa sesudah adzan, terdapat banyak amalan sunnah lainnya ketika akan melaksanakan shalat. Salah satu amalan sunnah tersebut ada dalam syarat sah shalat yaitu wudhu. Wudhu berarti mensucikan badan dari hadats kecil sebelum melaksanakan shalat. Dalam berwudhu, terdapat amalan sunnah yaitu membaca doa setelah wudhu. 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai doa sesudah wudhu tersebut, Anda perlu mengetahui tentang tata cara berwudhu terlebih dahulu. Pertama, ketika akan berwudhu maka harus membaca basmalah terlebih dahulu sembari membasuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali. Selanjutnya, berkumur-kumurlah sebanyak tiga kali juga. 

Lalu, tata cara selanjutnya yaitu membasuh kedua lubang hidung sebanyak tiga kali. Selanjutnya, basuhlah seluruh wajah secara menyeluruh sebanyak tiga kali. Kemudian, basuhlah kedua lengan tangan dari siku sampai ujung jari sebanyak tiga kali juga. 

Lalu, usaplah bagian ubun-ubun sebanyak tiga kali. Selanjutnya, bersihkanlah kedua telinga dengan sebanyak tiga kali juga. Terakhir, basuhlah kedua kaki sebanyak tiga kali. Tata cara ini harus Anda lakukan dengan tertib. Maksudnya yaitu harus Anda lakukan secara berurutan. Selain itu, wajib pula membaca niat wudhu, sebagai salah satu rukun wudhu. 

Nah, setelah selesai berwudu, terdapat amalan sunnah yaitu berdoa setelah wudhu. Berikut ini adalah bacaan doa setelah berwudhu. 

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.

Nah, itulan ulasan mengenai doa setelah adzan beserta beberapa keistimewaannya yang perlu Anda ketahui sebagai seorang muslim. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua, ya. Aamiin ya rabbal ‘alamin. 

 

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel