Isra Wal Mi'raj

Berbicara tentang Isra dan Mi'raj adalah hal yang sering kita dengar pada bulan Rajab, Isra yang artinya pindah atau perpindahan atau berangkatnya nabi Muhammad SAW dari Masjidil Kharam ke Masjidil Aqsho, sedangkan untuk Mi'raj yaitu naik atau naiknya nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aqsho ke Sidrotul Munthaha. dan sekarang kita akan membahas awal berangkatnya sampai pulang kembali nabi Muhammad ke bumi.

Berangkatnya nabi Muhammad SAW yaitu pada malam hari dan waktu melaksanakan Isra Mi'raj sangatlah singkat kalau pikir secara logika hal seperti itu tidak akan mungkin terjadi. Karen perjalanan dari masjidil kharam ke masjidil aqsho jika menggunakan unta akan membutuhkan waktu 40  hari 40 malam, belum lagi jarak dari masjidil aqsho ke langit pertama itu jaraknya 500 tahun apalagi kalau ke langit ke-7 akan memakan waktu 3500 tahun.


Nabi Muhammad SAW perjalanan setelah shalat isya dan pulang kembali pada waktu sepertiga malam, maka, maka banyak orang islam pada zaman nabi Muhammad SAW yang ingkar dan meninggalkan islam, dan disitu sahabat nabi yaitu Abu Bakar yang pertama kali membenarkan peristiwa Isra Mi'raj tersebut maka Abu Bakar mendapat gelar dari Nabi Muhammad yaitu gelar "Assidiq", Kenpa semuanya bisa  terjadi dengan waktu sesingkat itu ? semuanya terjadi karena kekuasaan Allah dan peristiwa Isra Mi'raj itu adalah sebagian kecil dari kekuasaan Allah.

Ketika Nabi pulang kembali nabi langsung cerita ke umi hani dan di sana nabi bercerita bahwa nabi bertemu dengan semua nabi dan melaksanakan shalat berjamaah di sana, setelah bercerita nabi langsung berangkat dan kemudian berdakwah di depan orang-orang qurais, tetapi tanggapan orang-orang qurais merasa aneh dan itu hal yang mustahil dan ada juga orang yang awalnya beriman kepada nabi kemudian menjadi murtad setelah mendengar peristiwa Isra Mi'raj tersebut.

Ada satu orang laki-laki bertanya kepada Abu Bakar " Hai Abu Bakar apakah engkau percaya ?" kemudian jwaban dari Abu Bakar "Semua yang keluar dari perkataan atau omongan nabi itu pasti benar" . Sesungguhnya peristiwa Isra Mi'raj ini terjadi semata-mata menunjukan sebagian kecil tanda-tanda kekuaaan Allah.

Semoga pembahasan di atas bermanfaat bagi kita semua dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
dan jangan lupa untuk bershalawat hari ini :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel