Bacaan Tajwid : Huruf Izhar Halqi Dan Contohya

Ilmu Tajwid Al Quran : Huruf Izhar Halqi Dan Contohya Izhar - adalah apabila huruf nun mati dan tanwin apabila bertemu dengan enam huruf-huruf izhar  maka dibaca dengan jelas dan terang (tanpa dengung). Idzhar Halqi mempunyai pengertian, Idzhar adalah jelas dan Halqi adalah tenggorokan, jadi apabila kita memberi pengertian bahwa Idzhar Halqi adalah cara membacanya harus jelas terhadap nun (an, in, un). 

Huruf Izhar Halqi

Huruf Izhar Halqi

Sebagian berpendapat ditambahkan dengan Huruf Hamzah (ء), karena memang huruf idzhar sebenarnya ada 6 tapi kenapa hamzah juga termasuk, karena hamzah biasanya apabila bertemu dengan nun mati atau tanwin akan ada diatas huruf alif (أ). Jadi hamzah disamakn dengan alif untuk perihal idzhar halqi, karena hamzahpun termasuk huruf halqi (tenggorokan). 

Contohnya:


وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ

Huruf Izhar Ini ada pada surat Al Falaq ayat ke 3, yaitu tanwin kasroh yang bertemu dengan alif (hamzah), dibaca jelas yaitu qin (goo siqin idzaa). 

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Huruf Izhar Ini ada pada Surat Al Kautsar ayat 2, pada Ayat wanhar adalah huruf Idzhar Halqi disebabkan nun mati bertemu dengan huruf Ha (ح), dibaca dengan jelas terhadap nun WAN.

Contoh yang lain:

 Huruf Izhar Halqi

Demikianlah contoh-contoh bacaan izhar halqi diatas, saya berharap anda dapat mempelajari mengenai hukum tajwid nun mati atau tanwin idzhar halqi ini. Saya sarankan apabila anda hendak membaca AlQur'an, maka hendaknya dibaca secara teliti jangan terburu-buru, karena apabila anda membaca dengan terburu-buru biasanya panjang, pendek dan bacaan tajwid dari ayat tersebut suka tidak tebaca. Jadi saya sarankan agar anda membaca dengan benar, karena didalam Al Qur'an apabila anda membaca dengan salah seperti apabila huruf itu panjang terus anda baca pendek, maka artinyapun akan salah atau berbeda. Semoga pembahasan tentang idzhar Halqi ini dapat memberikan manfaat. Sekian dan terimakasih.