Tata Cara & Bacaan Sholat Dhuha Serta Doa Dhuha Dan Artinya

Tata Cara & Bacaan Sholat Dhuha Serta Doa Dhuha Dan Artinya - Sholat Dhuha merupakan sholat sunah yang dikerjakan pada waktu dhuha atau lebih tepatnya pada jam 07:30 WIB s/d 11:00 WIB atau dimana matahari terbit dipagi hari sekitar 7 hasta hingga menjelang shalat dzuhur. Namun penentuan waktu tersebut tetap terganung dimana anda berada saat itu, dikarenakan  posisi matahari pada setiap daerah itu berbeda-beda. Sholat dhuha dilakukan secara sendiri atau tidak berjamaah dan sebaiknya dilakukan pada saat seperempat kedua dalam sehari atau sekitar pukul 09:00 WIB. Sholat Dhuha bisa dilakukan dengan 2 rakaat sampai 8 rakaat tergantung seberapa keikhlasan anda, yang terpenting anda harus ikhlas dalam menjalankannya. Ada beberapa pendapat bahwa sholat dhuha adalah sholat yang akan membuka rezeki apabila anda melakukannya, tentunya niat anda harus tetap niat menjalankan ibadah semata-mata karena Alloh Subhanahu wa Ta'ala, karena apabila niat anda untuk yg lain maka anda tidak akan mendapat pahala sedikitpun.

Menurut pendapat
Imam Jalal Suyuthi dalam Hawsyil Khothiib, Surat yang dibaca setelah membaca surat Al Fatihah adalah surat Asy Syamsi pada rakaat pertama dan surat Ad Dhuha pada rakaat ke dua. Sedangkan menurut pendapat Ibnu Hajar dan Imam Ramli adalah membaca surat Al Kafirun pada rakaat pertama dan surat al Ikhlash pada rakaat ke dua, namun apabila anda tidak bisa anda boleh menggunakan surat-surat pendek lainnya.

Bacaan Sholat Dhuha


Doa setelah sholat dhuha

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAAHUMMA INNADH DHUHAA-A DHUHAA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL 'ISHMATA 'ISHMATUKA. ALLAAHUMA INKAANA RIZQII FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASSARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU, BIHAQQI DUHAA-IKA WA BAHAA-IKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHAALIHIIN.

Artinya :
"Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh."

Demikianlah sedikit ilmu tentang tata cara Mandi Wajib dan bacaan sholat dhuha yang bisa saya share hari ini, semoga bermanfaat dan semoga anda bisa mengamalkannya. Apabila anda kurang puas dengan pejelasan kami ini, mungkin anda bisa bertanya langsung ke ustadz ataupun ustadzah masing-masing yang mungkin lebih paham.