Bacaan Surat Al Falaq Arab Latin Dan Artinya

Surah Al-Falaq adalah surah ke-113 dalam Al-Qur'an. Nama Al-Falaq diambil dari kata Al-Falaq yang terdapat pada ayat pertama surah ini yang artinya waktu subuh. Surat ini terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat Al Fiil. Nama Al Falaq diambil dari kata Al Falaq yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya waktu subuh. Diriwayatkan oleh Abu Daud, At Tirmizi dan An Nasa-i dari 'Uqbah bin 'Aamir bahwa Rasulullah s.a.w. bersembahyang dengan membaca surat Al Falaq dan surat An Naas dalam perjalanan.

Surat Al Falaq


بسم الله الرحمن الرحيم
(Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Penyayang)
Terjemahan Text Qur'an Ayat
Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ 1
dari kejahatan makhluk-Nya, مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ 2
dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ 3
dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ 4
dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki". وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ 5
Surah Al Falaq Latin
  1. Qul a'uudzu birabbil falaq(i)
  2. Min syarri maa khalaq(a)
  3. Wamin syarri ghaasiqin idzaa waqab(a)
  4. Wamin syarrin-naffaatsaati fiil 'uqad(i)
  5. Wamin syarri haasidin idzaa hasad(a)
Keutamaan Surah Al-Falaq
Aisyah menerangkan: bahwa Rasulullah s.a.w. pada setiap malam apabila hendak tidur, Dia membaca Surat Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas, ditiupkan pada kedua telapak tangan kemudian disapukan ke seluruh tubuh dan kepala. 'Uqbah bin' Amir menerangkan, ketika saya sesat jalan dalam suatu perjalanan bersama dengan Rasulullah s.a.w., Dia membaca Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas dan akupun disuruh Dia juga untuk membacanya.

Surat Al Falaq memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk memohon perlindungan kepada Allah s.w.t. dari segala kejahatan.

HUBUNGAN SURAT AL FALAQ DENGAN SURAT AN NAAS

  • Kedua-duanya sama-sama mengajarkan kepada manusia, hanya kepada Allah-lah menyerahkan perlindungan diri dari segala kejahatan.
  • Surat Al Falaq memerintahkan untuk memohon perlindungan dari segala bentuk kejahatan, sedang surat An Naas memerintahkan untuk memohon perlindungan dari jin dan manusia.